Headlines News :

Minggu, 29 September 2013

Studi Kasus

STUDI PENELITIAN
T e n t a n g
MADRASAH & KOMPONEN-KOMPONEN PENUNJANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR


B. Latar Belakang
Tujuan pendidikan Nasional seperti yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah “Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan abadi dan keadilan sosial”.
Dalam tujuan nasional tersebut secara eksplisit dicantumkan tujuan mencerdaskan bangsa, yang realisasinya merupakan tugas dan tanggung jawab Pemerintah bersama seluruh masyarakat. Masalah pendidikan disebutkan dalam UUD 1945 Bab XIII pasal 31, bahwa :
1. Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran
2. Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional yang diatur dengan Undang-undang.
Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) Nomor I/MPR/TAP/1993, telah menggariskan kebijaksanaan dasar pembangunan dalam Repelita, antara lain sebagai berikut :
a. Pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan YME, kecerdasan, ketrampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Agar dapat membangun dirinya sendiri dan bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.
b. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas perlu disusun visi dan misi serta program tahunan yang jelas sehingga pengelolaan sumber daya manusia yang ada dapat dimanfaatkan secara efisien dan efektif.

C. Sejarah Singkat Berdirinya Madrasah
Yayasan Menara Taufiq Bogem memiliki lembaga pendidikan formal dan non formal. Pada saat berdiri Yayasan, tahun 1992, hanya terdapat pendidikan formal, yaitu Madrasah Diniyah dan Pondok Pesantren. Kemudian dua tahun berikutnya santri semakin banyak dan orang tua/wali santri mendesak kepada Yayasan agar didirikan madrasah, karena mereka mengharapkan putra-putrinya bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, maka hasil keputusan rapat Yayasan dengan para pengurus sepakat mengadakan pendidikan formal di pondok pesantren dengan mendirikan Madrasah Tsanawiyah “At-Taufiq” tahun 1994.
Dengan perkembangan santri yang cukup banyak dan lulusan MTs. ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, maka Yayasan dan para pengurus sepakat mendirikan Madrasah Aliyah “At-Taufiq” tahun 1997, dan semakin bertambahnya santri yang masih anak-anak karena Yayasan Menara Taufiq juga menerima santri-santri anak yatim, maka pada tahun 2001 didirikan Sekolah Dasar Islam “At-Taufiq” yang berada di bawah naungan Departemen Pendidikan Nasional.


D. Visi Madrasah
Menciptakan generasi yang berakhaqul-karimah berdasarkan iman, ilmu dan amal.
Indikator Visi adalah sebagai berikut :
1. Unggul dalam perolehan NEM
2. Unggul dalam disiplin
3. Unggul dalam kegiatan keagamaan
4. Unggul dalam lomba olahraga
5. Unggul dalam lomba seni

E. Misi Madrasah
Berdasarkan visi tersebut, bahwa pendidikan sangat diperlukan sebagai dasar pembangunan yang secara konseptual dapat diterima oleh logika secara kultural sesuai dengan budaya masyarakat sekitar MTs. “At-Taufiq” Bogem Grogol Diwek Jombang
Oleh karena itu beberapa kaidah mendasar dapat dikaji untuk merumuskan kebijakan-kebijakan pendidikan yang baru, sesuai dengan MISI adalah
1) Membantu pemerintah dalam mobilisasi sumber daya masyarakat sekitarnya.
2) Memberikan bekal ketrampilan pada siswa didik.
3) Mengembangkan kemampuan siswa atau lulusannya yang profesional demi tercapainya manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlaq mulia, mandiri, pro-aktif dan bertanggung jawab menghadapi tuntutan dan tantangan globalisasi.
F. Tujuan Madrasah
MTs. At-Taufiq Bogem didirikan oleh para pengasuh pondok karena memiliki beberapa tujuan, diantaranya :
1. Membantu meringankan beban orang tua/wali murid karena awalnya MTs. At-Taufiq belajar tanpa dipungut biaya sedikitpun sampai belajar sekitar 5 tahun, akhirnya ada bantuan dari Pemerintah.
2. Ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.
3. Membekali siswa/siswi dengan ilmu pengetahuan umum dan ilmu pengetahuan agama karena pelajaran agama khususnya kitab-kitab salaf dipelajari di MTs. sekitar 50% dan pengetahuan umum 50%.
4. Melatih siswa/siswa menjadi anak yang mandiri.
5. Membekali siswa/siswi menjadi anak yang memiliki akhlaqul-karimah ketika kembali ke masyarakat.

G. Hubungan Kerjasama Dengan Masyarakat
Masyarakat adalah mitra kerja madrasah dalam mengantarkan siswa mencapai tujuan pendidikan. Tata kerja masyarakat bersama madrasah diatur dalam suatu pranata komite sekolah sebagai penyalur aspirasi dan prakarsa, juga peran serta dalam penyelenggaraan pendidikan. Biaya penyelenggaraan pendidikan dari sumber dana masyarakat setiap bulan mulai tahun 1995/1996 sampai dengan tahun pelajaran 2003/2004 sebesar Rp. 6.000,- (enam ribu rupiah). Kemudian berdasarkan hasil musyawarah Komite Sekolah, mulai tahun pelajaran 2004/2005 dinaikkan menjadi Rp. 8.000,- (delapan ribu rupiah). Selanjutnya pada tahun pelajaran 2005/2006 Pemerintah menganggarkan dana untuk seluruh sekolah tingkat dasar sebesar RP. 19.500,- (sembilan ribu lima ratus rupiah) tiak anak per bulan, yang kemudian dikenal dengan Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Dengan kompensasi sekolah tidak boleh memungut biaya apapun dari wali murid, kecuali ada pertimbangan tertentu yang disetujui oleh Bupati.

H. Program Kerja
Program Kerja Madrasah Tsanawiyah “AT-TAUFIQ” Bogem Grogol Diwek Jombang untuk tahun pelajaran 2005/2006 disusun menjadi 2 (dua) program :
a. Program Prioritas
1. Efektifitas tenaga Guru dan Tata Usaha
2. Peningkatan mutu siswa MTs. “AT-TAUFIQ” dari tahun ke tahun
3. Peningkatan bimbingan teknik edukatif Guru MTs. dan Tata Usaha
4. Efisiensi dan efektifitas penggunaan dana
5. Pengembangan sarana dan prasarana
b. Program Rutin
1. Administrasi
2. Supervisi
3. Pelaksanaan Kurikulum
4. Kalender Pendidikan
5. Jadwal Kegiatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMAKASIH

 
Support : Creating Website | Fais | Tbi.Jmb
Copyright © 2011. Moh. Faishol Amir Tbi - All Rights Reserved
by Creating Website Published by Faishol AM
Proudly powered by Blogger