Headlines News :

Minggu, 29 September 2013

Studi Kasus

KATA PENGANTAR


Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan berkat dan rahmat-Nya kepada penulis dapat menyelesaikan paper studi kasus ini di Madrasah Aliyah Negeri I Kodya, Jln. Cinde Baru VIII Prajuritkulon Mojokerto ini tepat pada waktunya.
Sholawat serta salam tetap terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW sebagai pembawa kebenaran.
Penyusunan laporan studi kasus ini tidak akan terselesaikan tanpa adanya bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada :
1. Bapak Drs. Fauzi Makarim, selaku Rektor Institut Keislaman Hasyim Asy’ari (IKAHA) Tebuireng Jombang
2. Bapak Drs. Darodjat Kadarisman, M.Ag., selaku Dekan Fakultas Tarbiyah IKAHA Tebuireng Jombang.
3. Ibu Dra. Hidayatul Ilmiyah, selaku Kajur PAI Fakultas Tarbiyah.
4. Ibu Hj. Lilik Umi Nasriyah, M.Ag., selaku Dosen Pembimbing Lapangan
5. Bapak Drs. Zaenal Arifin, selaku Kepala Madrasah Aliyah Negeri I Kodya, Prajuritkulon Mojokerto.
6. Bapak Mustaqim, S.Pd., selaku Guru Pamong MAN I Kodya, Prajuritkulon Mojokerto.
7. Ibu Dra. Khusnul Kh, selaku Wali Kelas dari klien.
8. Saudara Mat Fatchurrochim, selaku siswa (klien) dalam Studi Kasus ini.
9. Semua teman-teman Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Semoga Allah SWT memberikan imbalan yang sepantasnya dan mudah-mudahan laporan studi kasus ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.

Mojokerto, Pebruari 2006


DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL i
HALAMAN PERSETUJUAN ii
HALAMAN PENGESAHAN iii
KATA PENGANTAR iv
DAFTAR ISI v
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah 1
B. Tujuan Studi Kasus 1
C. Alasan Pemilihan Objek 2
D. Metode Pengumpulan Data 2
BAB II : DATA TENTANG SISWA
A. Identitas Siswa 3
B. Latar Belakang Keluarga 3
C. Keadaan Jasmani dan Kesehatan Siswa 4
D. Riwayat Pendidikan 5
E. Kebiasaan Belajar Siswa 5
F. Kelakukan dan Relasi Sosial 5
G. Kegiatan di Rumah 5
H. Kegiatan di Luar Rumah 5
I. Keberadaan Keluarga 6
BAB III : DIAGNOSA DAN TERAPI
A. Permasalahan yang Dihadapi 7
B. Penyebab Masalah 7
C. Penyelesaian Masalah (Terapi) 7
BAB IV : PENUTUP
A. Kesimpulan 8
B. Saran-saran 8

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pembuatan paper studi kasus ini merupakan salah satu tugas pada pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), sebagai aplikasi dari ilmu yang diperoleh selama di perkuliahan agar mendapatkan pengalaman.
Melalui pembuatan paper ini diharapkan seorang guru mampu mengenali dan memahami atau mengerti akan sifat dan karakteristik anak didiknya, sehingga dalam menghadapi siswa yang bermasalah akan mampu untuk mencari solusi atau pemecahan dari masalah tersebut.
Jadi pada dasarnya pembuatan paper studi kasus ini disamping untuk memenuhi tugas PPL juga merupakan sarana latihan bagi seorang calon guru yang mengenal dan mengerti akan pribadi anak didiknya serta masalah yang dihadapi pada anak didiknya dapat terselesaikan dengan baik.

B. Tujuan Studi Kasus
Pembuatan studi kasus ini bertujuan untuk :
1. Latihan untuk mengenal keadaan pribadi siswa yang mempunyai masalah tertentu.
2. Latihan melakukan penetapan/menentukan masalah yang dihadapi siswa beserta latar belakangnya.
3. Latihan menetapkan jenis bantuan/pemecahan masalah yang dihadapi siswa.
4. Latihan untuk pemecahan masalah yang dihadapi siswa dengan melaksanakan bantuan.

C. Alasan Pemilihan Obyek
Setelah melakukan pengamatan dan interaksi beberapa lama dengan siswa-siswi dimana penulis melakukan praktik mengajar, maka penulis memilih seorang siswa yang memiliki problem yang mana dikhawatirkan akan menghambat proses belajar dari klien.
Alasan yang menjadi dasar pemilihan obyek studi kasus ini antara lain :
1. Sering tidak masuk sekolah, bahkan di saat ujian/UTS
2. Rendahnya peringkat / nilai

D. Metode Pengumpulan Data
Untuk proses pengumpulan data dari data siswa yang menjadi obyek, maka peulis menggunakan beberapa metode, antara lai :
1. Metode Observasi
Metode ini dilakukan selama mengajar, dari data ini diperoleh aktifitas siswa dalam masuk sekolah.
2. Metode Interview
Metode ini dilakukan dengan cara :
a. Tanya jawab atau dialog dengan siswa yang menjadi obyek langsung
b. Interview terhadap wali kelas
c. Interview terhadap guru BP
d. Interview terhadap kawan dekat
e. Interview terhadap tetangga dari siswa yang menjadi obyek (klien)
3. Metode Angket
Penulis memberikan angket kepada klien, diisi sejujurnya guna membantu pengisian data-data yang diperlukan.


BAB II
DATA TENTANG SISWA


A. Identitas Siswa
1. Nama Lengkap : Mat Fatchurrohim
2. Jenis kelamin : Laki-laki
3. T T L : Mojokerto, 12 Juni 1986
4. A g a m a : Islam
5. Kewarganegaraan : WNI
6. Sekolah : MAN I Kodya Mojokerto
7. K e l a s : X.A
8. A l a m a t : Sooko Gang III No.2 Jln. Empu Supo Mjk.

B. Latar Belakang Keluarga
1. Ayah
N a m a : Wuliyono (alm)
U m u r : –
A g a m a : Islam
Kewarganegaraan : WNI
Pendidikan terakhir : SD
Pekerjaan : Swasta (becak)
Penghasilan per bulan : –
A l a m a t : Sooko Gang III NO. 2, Jln. Empu Supo Mjk
2. Ibu
N a m a : Supini
U m u r : 40 tahun
A g a m a : Islam
Kewarganegaraan : WNI
Pendidikan terakhir : SD
Pekerjaan : Jualan makanan
Penghasilan per bulan : –
A l a m a t : Sooko Gang III NO. 2, Jln. Empu Supo Mjk
3. Wali Murid
N a m a : Lilik (kakak kandung klien)
U m u r : 24 tahun
A g a m a : Islam
Kewarganegaraan : WNI
Pendidikan terakhir : MA
Pekerjaan : Jahit
Penghasilan per bulan : –
A l a m a t : Genukwatu Mojokerto
4. Jumlah Saudara
Laki-laki : 4 orang
Perempuan : 3 orang
Anak nomor : 3 (tiga)

C. Keadaan Jasmani dan Kesehatan Siswa
1. Keadaan Jasmani
Tinggi badan : 168 cm
Berat badan : 52 kg
Bentuk badan : Kekar / gagah
Warna rambut : Hitam
Warna kulit : Sawo matang
2. Keadaan Kesehatan
Keadaan mata : Sehat
Keadaan telinga : Sehat
Keadaan umum kesehatan : Sehat
Penyakit yang sering dialami : Batuk, sakit gigi

D. Riwayat Pendidikan
Umur masuk SD/MI : 6 tahun
Umur masuk SMP/MTs : 18 tahun
Di SD/MI : M I
Di SMP / MTs : MTs.
E. Kebiasaan Belajar Siswa
Ruang belajar : –
Waktu belajar : Malam
Pelajaran yang tidak disukai : Olahraga
F. Kelakukan dan Relasi Sosial
Sikap terhadap guru : Sopan
Sikap terhadap siswa : Sopan
Sikap terhadap orang tua : Sopan
Sikap/kelakuan dari guru : Baik
Sikap/kelakuan dari teman : Baik
Sikap/kelakuan dari ortu : Baik
Sikap/kelakuan dari saudara : Baik
G. Kegiatan di Rumah
Sebelum sekolah : Antar dagangan
Setelah sekolah : Jualan soto
Pada malam hari : Jualan soto sampai jam 22.00
H. Kegiatan di Luar Rumah
Olahraga : Bulu tangkis
Kesenian : Gitar
Kegiatan keagamaan : Mengaji
Kegiatan sosial : Hadrah
K a s u s : –
I. Keberadaan Keluarga
Jumlah keluarga : 7 orang
Klien anak ke : 3 (tiga)
Status dalam keluarga : kandung
Jumlah kakak Lk/Pr : 2 perempuan
Jumlah adik Lk/Pr : Lk : 3, Pr : 1


BAB III
DIAGNOSA DAN TERAPI

A. Permasalahan yang dihadapi
Berdasarkan hasil pengamatan dan didukung dengan data tersebut di atas, maka permasalahan yang dihadapi siswa / klien adalah :
1. Sering tidak masuk sekolah
2. Prestasi dalam sekolah sangat minim.

B. Penyebab Masalah
Penyebab munculnya munculnya permasalahan di atas adalah sebagai berikut :
1. Sepulang sekolah siswa bekerja membantu orang lain berjualan soto hingga malam hari.
2. Kurangnya mementingkan nilai, tetapi siswa/klien itu hanya mementingkan mencari ilmu.
3. Kurangnya minat belajar dari siswa karena rendahnya EQ.

C. Penyelesaian Masalah (Terapi)
Dalam rangka menyelesaikan permasalahan yang dihadapi siswa/klien tersebut, maka penulis memberikan gambaran sebagai alternatif pemecahan yang harus dilakukan adalah :
1. Guru memberikan perhatian, motivasi dan semangat kepada klien agar lebih giat di dalam belajar;
2. Siswa berusaha mengintrospeksi diri dan memahami pentingnya pendidikan;
3. Siswa belajar membagi waktu sebaik mungkin untuk kegiatan belajar (sekolah) dan mempergunakan waktu luang untuk belajar;
4. Dianjurkan siswa lebih mendekatkan diri dan berdo’a kepada Allah SWT.


BAB IV
P E N U T U P

A. Kesimpulan
Berdasarkan data, diagnosa dan terapi yang telah dikemukakan di atas, dapat disimpulkan bahwa :
1. Siswa belum bisa mengatur waktu untuk kegiatan belajar secara maksimal, baik di sekolah mapun di rumah. Untuk itu siswa perlu belajar mengatur waktu secara tepat untuk belajar, sekolah dan membantu berdagang.
2. Kurangnya motivasi baik dari diri siswa sendiri maupun keluarga.

B. Saran-saran
Untuk menunjang keberhasilan bimbingan dan pelayanan kepada siswa disarankan beberapa hal sebagai berikut :
1. Orang tua harus memberikan dukungan terhadap anak agar aktif untuk masuk sekolah.
2. Guru harus memberi motivasi terhadap semua siswanya.
3. Guru diharapkan memberi perhatian yang lebih kepada klien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMAKASIH

 
Support : Creating Website | Fais | Tbi.Jmb
Copyright © 2011. Moh. Faishol Amir Tbi - All Rights Reserved
by Creating Website Published by Faishol AM
Proudly powered by Blogger