Headlines News :
Logo Design by FlamingText.com

SA'ATUL AN

TARIKHUL AN

ARCHIVE

Tarjim

POST

Minggu, 24 April 2011

cara dan tantangan mempertahankan pendidikan Islam dari tantangan perubahan

Pendidikan Islam merupakan sebuah pendidikan yang harus dilakukan secara sadar untuk mencapai tujuan yang jelas melalui syari’at Islam. Pendidikan Islam adalah universal dan hendaknya diarahkan untuk menyadarkan manusia bahwa dirinya adalah hambah tuhan yang berfungsi menghambahkan diri kepadanya. Jadi pendidikan Islam adalah menyadarkan manusia agar dapat mewujudkan penghambaan diri kepada Allah Swt sang pencipta baik secara sendiri-sendiri, maupun secara bersama-sama. Dan jika kita lihat akhir-akhir ini penyimpangan-penyimpangan pada diri kaum muslimin sudah tidak pandang bulu bahkan di unit-unit pendidikan yang bernuansa islami saja sudah mulai rapuh dan megalami perubahan-perubahan dan contoh yang sangat kongkrit, adalah pondok-pondok pesantren sebagai tempat untuk mencetak kader-kader yang islami.
Lanjuuut..

STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG MEMBANGUN PERILAKU POSITIF SISWA

Ada kesan yang memprihatinkan bahwa, “peradaban makin maju, tetapi keberadaban makin mundur”. Hampir sempua orang bangga dan terkesima oleh perkembangan teknologi dan pembangunan infrastruktur, tetapi dibalik itu, umat manusia juga ketakutan terhadap makin merosotnya nilai kemanusiaan yang menggejala di depan matanya. Kini bumi kita menjadi panggung yang menghibur, tetapi sekaligus juga planet yang mengkhawatirkan. Umat manusia menjadi cemas dan bersedih oleh perilaku sendiri, di mana-mana terjadi tindak kekerasan, ketidakadilan, perusakan, kebohongan publik, pembunuhan serta berbagai pengingkaran/terhadap nilai-nilai mulia. Dengan singkat, manusia telah sangat maju dalam hal pengetahuan (kognitif) tetapi menjadi mundur dalam hal perilaku positif, penghayatan terhadap agama, moralitas, hasrat untuk membangun bersama, dan miskin penghargaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan yang diembannya sejak
Lanjuuut..

SISTEM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN TEBUIRENG

Pesantren merupakan lembaga pendidikan keislaman tertua di Indonesia. Pesantren berdiri secara mandiri, bisanya didirikan oleh seorang Kyai yang peduli pada masyarakat sekitarnya. Awalnya hanya bebarapa santri, lambat laun santrinya bertambah banyak hingga dibuatkan tempat menginap, pondokan. Dari detik ke detik, menit ke menit, bulan ke bulan, hingga tahun demi tahun seorang Kyai mengabdikan diri untuk mengajarkan ilmu yang diketahuinya. Tujuannya hanyalah li’ila’i kalimatillah, mengusung kalimat Tuhan. Di sini kyia mengajarkan ilmu-ilmu keagamaan dan menurunkan semangat wirausaha (entreprenouship). Dalam mengajar, seorang kyai tidak memungut bayaran, alias gratis. Seorang kyia ikhlas tanpa dibayar, bahkan mendirikan pesantren pun dengan biaya sendiri. Lazimnya pesantren khususnya mengajarkan ilmu-ilmu dan wawasan keislaman, dengan model khas pesantren, sorogan
Lanjuuut..

Revolusi dalam dunia pendidikan

Revolusi Dalam Dunia Pendidikan? Kedengarannya merupakan suatu kontradiksi peristilahan. Dimana perubahan-perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya (Misalnya : mengenai mata pelajaran dan bagaimana pelajaran itu diselenggarakan), adalah sebenar-benarnya revolusi. Dan satu hal yang pasti, bahwasannya perkembangan-perkembangan pendidikan dalam 10 tahun mendatang, pasti akan lebih mengejutkan lagi. Mencoba menelusuri tentang hubungan antara perkembangan ilmu pengetahuan dengan perkembangan ekonomi, yang merupakan satu kesatuan yang menunjukkan betapa teknik dan isi pendidikan di dalam suatu negara adalah erat hubungannya dengan keadaan sosial dan ekonomi negara tersebut. Begitu juga dengan perlunya revolusi pendidikan, dalam hubungannya dengan perkembangan dunia pendidikan dari hari ke hari, dari tahun ke tahun dan akhirnya dari masa ke masa. Hal itu juga erat kaitannya bila dihubungkan dengan kemajuan dan perkembangan suatu negara.
Lanjuuut..

PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN

Kata psikologi merupakan gabungan dari 2 kata yang bersumber dari bahasa Greek (Yunani) yaitu Psyche dan logos yang berarti ilmu kejiwaan, sedangkan pengertian secara umum bahwa bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki dan membahas tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia, baik secara individu atau berkelompok dalam hubungannya dengan lingkungan. Kata pendidikan menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan penelitian. Psikologi menurut sebagian ahli adalah sub. Disiplin psikologi sedang menurut Borlow (1985) psikologi pendidikan adalah sebuah pengetahuan berdasarkan riset psikologi yang menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu anda, melaksanakan tugas sebagai guru dalam proses belajar mengajar yang lebih efektif.
Lanjuuut..

Psikologi Pendidikan

Pada negara-negara yang sudah berkembang ataupun yang sudah memahami stabilitas politik dan agama, pendidikan menjadi perhatian penting bagi masyarakat. Bahkan pada sekitar waktu peluncuran pesawat ruang angkasa pertama kali, sebagian besar masyarakat dunia tidak lagi hanya memperhatikan, melainkan menjadi demam memikirkan pendidikan, masyarakat mulai ramai memperdebatkan fungsi dan tujuan pendidikan. Orang-orang yang paling getol memperdebatkan pendidikan cenderung berpendirian, bahwa tujuan pendidikan dasar adalah mempersiapkan generasi mudah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pendidikan tinggi akhirnya dimaksudkan untuk mempersiapkan para mahasiswa untuk dapat memperoleh sukses dalam karir dan kehidupan pribadi, serta mampu berpartisipasi didalam pembangunan masyarakat, pendidikan tinggi tidaklah sama penanganannya, oleh karena itu hendaknya para guru atau calon guru mengetahui jenjang psikologi, agar tujuan pendidikan dapat terlaksana dengan
Lanjuuut..

peranan guru dalam administrasi sekolah

Dalam dunia pendidikan di Indonesia, bidang studi administrasi pendidikan boleh dikatakan masih baru. Di Negara-negara yang sudah maju, administrasi pendidikan sudah mulai berkembang dengan pesat sejak pertengahan pertama abad ke-20, terutama sejak berakhirnya Perang Dunia Kedua. Di Indonesia, administrasi pendidikan baru diperkenalkan melalui beberapa IKIP sejak tahun 1960-an, dan baru dimasukkan sebagai mata pelajaran dan mata ujian di SGA/SPG sejak tahun ajaran 1965/1966. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika para pendidik sendiri banyak yang belum dapat memahami betapa perlu dan pentingnya administrasi pendidikan itu dalam penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan pada umumnya. Di samping itu, administrasi pendidikan itu sendiri sebagai ilmu, terus mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan pendidikan di Negara masing-masing.
Lanjuuut..

PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ISLAM MASA KINI DAN YANG AKAN DATANG

Salah satu pandangan modern dari seorang ilmuwan muslim hasil pendidikan Islam Dr. Muhammad S.A. Ibrahimy (Bangladesh) mengungkap pengertian pendidikan Islam yang berjangkauan luas. Yaitu pendidikan Islam yang memiliki ruang lingkup yang berubah-ubah menurut waktu yang berbeda-beda, ia bersikap lentur terhadap perkembangan kebutuhan umat manusia dari waktu ke waktu. Dengan demikian, apa yang kita kenal dengan pendidikan agama Islam di negeri kita adalah merupakan bagian dari pendidikan Islam, di mana tujuan utamanya ialah membina dan mendasari kehidupan anak didik dengan nilai-nilai agama dan sekaligus mengajarkan ilmu agama Islam, sehingga ia mampu mengamalkan syariat Islam secara benar sesuai dengan pengetahuan agama. B. Sistem Pendekatan dan Orientasi Pendidikan Islam masa kini dihadapkan kepada tantangan yang lebih berat dari tantangan yang dihadapi pada masa permulaan penyebaran.
Lanjuuut..

PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH

Tidak dapat dipungkiri kalau pendidikan di Indonesia saat ini masih memperhatinkan dan jauh ketinggalan dibanding dengan indeks negara lain. Dan yang juga memprihatinkan adalah dalam skala nasional, pendidikan kaum muslimin berada pada kondisi tertinggal dibanding sekolah negeri dan sekolah swasta lainnya. Artinya umat Islam mempunyai andil besar dalam keterpurakan pendidikan. Keterpurukan bangsa ini sebenarnya bukan hanya pada dunia pendidikan tetapi meluas pada persoalan moral, ekonomi, dan politik tetapi karna yang terlibat dalam mengurusi bangsa ini adalah produk pendidikan (walaupun belum tentu produk dalam negeri) maka wajar kalau dunia pendidikan yang tertuduh.Walaupun sebenarnya tidak sesederhana itu. Untuk merespon itu semua pemerintah dan pemerhatu pendidikan mencoba untuk melakuklan koreksi- koreksi yang kemudian memberikan usulan perubahan yang secara garis besar meliputi :
Lanjuuut..

PERAN KELUARGA DAN MASYARAKAT DALAM PENDIDIKAN

Keluarga merupakan lembaga pendidikan yang pertama dan utama dalam masyarakat. Karena dalam keluarga-lah manusia dilahirkan, berkembang menjadi dewasa, karena di dalam keluarga juga anak pertama kali berkenalan dengan nilai dan norma. Keluarga adalah lembaga pendidikan yang bersifat kodrati, karena antara orang tua sebagai pendidik dan anak sebagai terdidik terdapat hubungan darah. Pembentukan karakter anak bisa dimulai dari kandungan atau bisa disebut juga pendidikan prenatal. Di dalam kandungan seorang anak bisa merasakan interaksi yang dilakukan oleh ibunya, misalnya jika ibu stress atau tertekan maka dapat juga terpengaruh dengan perkembangan mental bayi yang akan datang, atau bisa juga didengarkan suara-suara yang bisa mengembangkan mental si anak atau bisa membuat otak si bayi bisa
Lanjuuut..

Pengaruh Pendidikan Psikologis

Perilaku individu selalu memiliki latar belakang tertentu. ambillah contoh didalam kelas misalkan seorang guru Fisika di SMU pada saat yang sama mengajarkan bahan ajaran yang sama dengan cara, metode, dan media pengajaran yang sama. Beberapa minggu kemudian, maka hasil yang mereka capai tidak akan sama. Meskipun diantara mereka ada yang mendapatkan nilai yang sama besar, tapi belum tentu diperoleh dijawaban yang sama. Kalau  sama, mungkin mereka dicurigai bekerjasama atau menyontek. Mengapa hasil mereka tidak sama ? banyak banyak fakta yang melatarbelakangi hal itu, diantaranya karena kemampuan atau potensi yang mereka miliki tidak sama. Kecepatan belajar, pemusatan perhatian kepada pelajaran, niat belajar, usaha mempelajari kembali pelajaran di rumah, penafsiran siswa akan soal dan cara siswa merumuskan jawaban mungkin juga tidak sama.
Lanjuuut..

Pengaruh Pendidikan Orang Tua

Pendidikan adalah sebuah proses dialektika manusia untuk mengembangkan kemampuan akal pikiran-nya, menerapkan ilmu pengetahuan dalam menjawab problem-problem sosial, serta mencari hipotesa-hipotesa baru yang kontekstual terhadap perkembangan manusia dan zaman. Pendidikan merupakan media untuk mencerdaskan kehidukan rakyat dan bangsa, sekaligus instrumen yang akan melahirkan tenaga-tenaga intelektual dan praktisi sebagai penopang bagi perkembangan hidup masyarakat. Pendidikan adalah salah satu faktor pendorong kemajuan menuju masyarakat yang sejahtera, berkeadilan, berdaulat dan demokratis. Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Dala proses pembelajaran, anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Proses pembelajaran di dalam kelas diarahkan kepada kemampuan anak untuk menghafal informasi;
Lanjuuut..

PENGARUH PENDIDIKAN ISLAM DENGAN DUNIA KERJA

Pendidikan merupakan sesuatu yang urgent yang seharusnya dimiliki oleh semua umat manusia yang berdomisili di muka bumi ini. Pendidikan juga merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk menjamin kelangsungan, kesejahteraan dan kebahagiaan hidup manusia di dunia yang berbentuk terhindar dari segala yang mengancam dan mencelakakan hidup seperti penganiayaan, ketidakadilan, bencana, kerusuhan, kedzaliman, pemerasan dan segala marabahaya lainnya, maupun di akhirat kelak yang berupa terhindar dari siksaan kubur. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendidikan merupakan jembatan yang menyeberangkan orang dari keterbelakangan menuju kemajuan, dan dari kehinaan menuju kemuliaan serta dari tindasan menjadi merdeka dan seterusnya. (Abudin Nata, 2002). Dalam hubungan ini, pendidikan dalam Islam tidak hanya sebatas itu, akan tetapi ia mengusahakan seintensif mungkin dan menginternalisasikan nilai-nilai Islam ke dalam semua aktifitas (pekerjaan) manusia,
Lanjuuut..

PENGARUH PENDIDIKAN ISLAM DENGAN DUNIA KERJA

Pendidikan merupakan sesuatu yang urgent yang seharusnya dimiliki oleh semua umat manusia yang berdomisili di muka bumi ini. Pendidikan juga merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk menjamin kelangsungan, kesejahteraan dan kebahagiaan hidup manusia di dunia yang berbentuk terhindar dari segala yang mengancam dan mencelakakan hidup seperti penganiayaan, ketidakadilan, bencana, kerusuhan, kedzaliman, pemerasan dan segala marabahaya lainnya, maupun di akhirat kelak yang berupa terhindar dari siksaan kubur. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendidikan merupakan jembatan yang menyeberangkan orang dari keterbelakangan menuju kemajuan, dan dari kehinaan menuju kemuliaan serta dari tindasan menjadi merdeka dan seterusnya. (Abudin Nata, 2002). Dalam hubungan ini, pendidikan dalam Islam tidak hanya sebatas itu, akan tetapi ia mengusahakan seintensif mungkin dan menginternalisasikan nilai-nilai Islam ke dalam semua aktifitas (pekerjaan) manusia, sehingga diharapkan mampu mengekspresikan
Lanjuuut..
 
Support : Creating Website | Fais | Tbi.Jmb
Copyright © 2011. Moh. Faishol Amir Tbi - All Rights Reserved
by Creating Website Published by Faishol AM
Proudly powered by Blogger