Headlines News :
Logo Design by FlamingText.com

SA'ATUL AN

TARIKHUL AN

ARCHIVE

Tarjim

POST

Rabu, 18 Mei 2011

PEMIKIRAN PARA TOKOH PENDIDIKAN ISLAM 2

Sejak Islam masuk ke Indonesia, Pendidikan Islam telah ikut mengalami pertumbuhan dan perkembangan, karena melalui Pendidikan Islam itulah transmisi dan sosialisasi ajaran Islam dapat dilaksanakan dan dicapai hasilnya seperti yang dapat kita saksikan saat ini. Telah banyak lembaga Pendidikan Islam bermunculan dengan fungsi utamanya memasyarakatkan ajaran Islam tersebut. Di Sumatera Barat kita jumpai Surau, dan Meunasah di Aceh, Langgar di Jakarta, Tajuk di Jawa Barat, Pesantren di Jawa, dan seterusnya. Munculnya lembaga-lembaga pendidikan tradisional ini tidak selamanya diterima baik oleh masyarakat, mengingat jauh sebelum itu telah berkembang pula agama-agama lain seperti Hindu, Budha, dan juga paham agama setempat dan adat istiadat yang tidak selamanya sejalan dengan ajaran Islam.
Lanjuuut..

PEMIKIRAN PARA TOKOH PENDIDIKAN ISLAM

Sejak Islam masuk ke Indonesia, Pendidikan Islam telah ikut mengalami pertumbuhan dan perkembangan, karena melalui Pendidikan Islam itulah transmisi dan sosialisasi ajaran Islam dapat dilaksanakan dan dicapai hasilnya seperti yang dapat kita saksikan saat ini. Telah banyak lembaga Pendidikan Islam bermunculan dengan fungsi utamanya memasyarakatkan ajaran Islam tersebut. Di Sumatera Barat kita jumpai Surau, dan Meunasah di Aceh, Langgar di Jakarta, Tajuk di Jawa Barat, Pesantren di Jawa, dan seterusnya. Munculnya lembaga-lembaga pendidikan tradisional ini tidak selamanya diterima baik oleh masyarakat, mengingat jauh sebelum itu telah berkembang pula agama-agama lain seperti Hindu, Budha, dan juga paham agama setempat dan adat istiadat yang tidak selamanya sejalan dengan ajaran Islam.
Lanjuuut..

OTONOMI PENDIDIKAN 2

Otonomi pendidikan sebagai salah satu bentuk reformasi dalam bidang pendidikan, pada saat ini telah melampaui landasan hokum. Namun harus diakui bahwa reformasi itu masih banyak merupakan wacana ketimbang tindakan konkret. Usaha reformasi belum didukung oleh konsep yang tepat dan jelas serta belum ada kebijakan yang mantap. Reformasi pada hakikatnya adalah perubahan menyeluruh dan mendasar dalam segala aspek kehidupan. Perubahan menyeluruh dan mendasar ini disebut pula sebagai perubahan paradigma atau perubahan sistemik. Perubahan ini tidak sekadar manambah apa yang sudah ada seperti misalnya menambah guru dan gedung sekolah (doing more of the same thing). Perubahan semacam ini baru merupakan awal atau gelombang pertama reformasi. Gelombang perubahan kedua menambah yang sudah ada dengan yang lebih baik atau melaksanakan yang sudah pernah dilakukan dengan cara yang lebih baik.
Lanjuuut..

OTONOMI PENDIDIKAN & PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH

Otonomi pendidikan sebagai salah satu bentuk reformasi dalam bidang pendidikan, pada saat ini telah melampaui landasan hokum. Namun harus diakui bahwa reformasi itu masih banyak merupakan wacana ketimbang tindakan konkret. Usaha reformasi belum didukung oleh konsep yang tepat dan jelas serta belum ada kebijakan yang mantap. Reformasi pada hakikatnya adalah perubahan menyeluruh dan mendasar dalam segala aspek kehidupan. Perubahan menyeluruh dan mendasar ini disebut pula sebagai perubahan paradigma atau perubahan sistemik. Perubahan ini tidak sekadar manambah apa yang sudah ada seperti misalnya menambah guru dan gedung sekolah (doing more of the same thing). Perubahan semacam ini baru merupakan awal atau gelombang pertama reformasi. Gelombang perubahan kedua menambah yang sudah ada dengan yang lebih baik atau melaksanakan yang sudah pernah dilakukan dengan cara yang lebih baik.
Lanjuuut..

Mendidik Anak dengan Kalimay Thoyibah dalam Pendidikan Islam(Membentuk Anak Berkepribadian Muslim

Agar tidak terjadi kesalahpahaman tentang judul, serta uraian lebih lanjut, kiranya penyusun perlu menegaskan istilah-istilah yang terkandung dalam judul diatas. 1.Madrasah Aliyah Yayasan Ali Maksum Madrasah berasal dari bahasa Arab yaitu Madrasah yang artinya tempat untuk belajar atau sistem pendidikan klasikal yang didalamnya berlangsung proses belajar mengajar dengan materi-materi kajian yang terdiri dari ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu umum. Sedangkan menurut Malik Fadjar pengertian Madrasah secara umum dapat diartikan sebagai sekolah umum yang bercirikhas Islam yang menjadi bagian keseluruhan dari sistem pendidikan nasional. Dalam SKB tiga mentri disebutkan bahwa madrasah adalah lembaga pendidikan yang menjadikan mata pelajaran agama Islam sebagai mata pelajaran dasar yang diberikan sekurang-kurangnya 30% disamping mata pelajaran umum. Berdasar kepada Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0489/U/1992 tahun 1992, disebutkan bahwa Madrasah Aliyah adalah sekolah setingkat Sekolah Menengah Umum (SMU) yang bercirikhas agama Islam.
Lanjuuut..

Senin, 16 Mei 2011

MANAJEMEN KEUANGAN DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN DAN NEGARA

Keuangan dan pembiayaan merupakan salah satu sumber daya yang secara langsung menunjang efektifitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan. Hal tersebut lebih terasa lagi dalam implementasi MBS, yang menuntut kemampuan sekolah untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi serta mempertanggungjawabkan pengelolaan dana secara transparan kepada masyarakat dan pemerintah. Dalam penyelenggaraan pendidikan, keuangan dan pembiayaan merupakan potensi yang sangat menentukan dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kajian manajemen pendidikan. Komponen keuangan dan pembiayaan pada suatu sekolah merupakan komponen produksi yang menentukan terlaksananya kegiatan belajar-mengajar di sekolah bersama dengan komponen-komponen yang lain.
Lanjuuut..

Profesi Pendidikan 2

Salah satu tugas utama sekolah adalah melaksanakan kegiatan pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku. Pengelolaan kurikulum harus diarahkan agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan tolak ukur pencapaian tujuan oleh siswa. Jadi bagaimana strateginya agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, maka guru perlu didorong untuk terus menyempurnakan strategi tersebut. Tidak hanya pengelolaan kurikulum yang berperan dalam pendidikan tetapi juga learning I fun – belajar itu menyenangkan. Tapi, siapa yang menjadi stakeholder dalam proses pembelajaran yang menyenangkan itu? Jawabnya adalah siswa. Siswa harus menjadi arsitek dalam proses belajar mereka sendiri. Kita semua setuju bahwa pembelajaran yang menyenangkan merupakan dambaan dari setiap peserta didik.
Lanjuuut..

Konsep Pendidikan Menurut Al-Qur'an 2

Islam menuntut agar manusia dididik dari segala aspek (jasmani, akal,dan jiwa) tanpa perbedaan dan pemisahan, dan sedapat mungkin disajikan secara simultan. Hal ini terlihat jelas dalam meteri-materi yang disajikan Al-Quran dan Hadits. Uraian-uraiannya tidak hanya menyentuh jiwa, tetapi juga diiringi dengan argumentasi yang logis, atau yang dapat dibuktikan sendiri oleh manusia (anak didiknya) melalui penalaran akalnya. Dengan ini manusia akan merasa diajak berperan dalam menemukan, memiliki dan bertanggung jawab untuk memeliharanya. Kenyataan yang ditemukan dalam masyarakat adalah, walaupun materi yang disajikan bersumber dari Al-Quran dan Hadits, namun ia telah disusun sedemikian rupa untuk disesuaikan dengan sistematika ilmiah.
Lanjuuut..

Konsep Pendidikan Islam

sejak manusia menuntut kemjuan dan kehidupan, maka sejak itu timbul gagasan untuk melakukan pengalihan, pelestarian dan pengembangan kebudayaan melalui pendidikan. Maka dari itu dalam pengembangan pertumbuhan masyarakat,pendidikan senantiasa menjadi perhatian utama dalam rangka memajukan kehidupan generasi demi generasi sejalan dengan tuntutan kemajuan masyarakatnya. Menurut keyakinan kita, sejarah pembentukan masyarakat dimulai dari keluarga Adam dan Hawa sebagai unit terkecil manusia, meskipun dalam ruang lingkup terbatas sesui dengan kebutuhan untuk mempertahankan hidupnnya. Manusia sebagai makhluk Allah, telah di karuniai kemampuan dasar yanng berifat rohaniah dan jasmaniyah, agar
Lanjuuut..

KONSEP PENDIDIKAN AL-GHAZALI

Pendidikan Islam dengan pengertiannya yang menyeluruh yang meliputi pegembangan jasmani, akal emosi, rohani dan akhlak dengan pengertian buku di sekolah saja, tetapi meliputi beberapa hal yang mempengaruhi pelajar-pelajar di rumah, jalan dan lain-lain. Juga mengenal pendidikan seumur hidup 13 abad sebelum pendidikan mengenalnya. Islam mengenal detik-detik turunnya wahyu kepada Nabi Muhammad SAW. yang pertama kali adalah perintah untuk membaca sebagaimana disebutkan dalam firman Allah SWT surat Al-Alaq ayat 1-4 : اقرأباسم ربك الذي خلق (1) خلق الانسان من علق (2) اقرأ وربك الاكرم (3) الذي علم بالقلم (4) (سورة العلق : 1-4) “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia ) dengan perantara kalam.” (al-Alaq : 1-4) Rumah Al-Arkom bin Al-Arkom merupakan lembaga pendidikan Islam yang pertama. Guru agung pertama adalah Nabi Muhammad SAW. mengumpulkan sekumpulan kecil pengikut-pengikutnya yang percaya kepadanya secara diam-diam. Dirumah inilah beliau mengajar kumpulan kecil ayat-ayat Al-Quran yang diturunkan malaikat Jibril yang membentuk idiologinya, sesuai dengan ajaran-ajaran Islam yang mulia.
Lanjuuut..

KONDISI PENDIDIKAN ISLAM Di INDONESIA

Persoalan pendidikan pada hakekatnya merupakan persoalan yang berhubungan dengan kehiduapan manusia dan mengalami perubahan dan perkembangan sesuai dengan kehidupan tersebut baik teori maupun konsep operasionalnya. Problem-problem yang dihadapi oleh manusia sering dicari pemecahannya dalam dunia pendidikan. Dalam hal ini orang mungkin menanyakan konsep filosofis yang melandasi sistem pendidikan yang sedang dilaksanakan atau mungkin konsep operasionalnya, ditinjau dan dikritik serta diperbaharui agar tetap relevan dengan tuntutan dan perkembangan kehidupan manusia. Dewasa ini, karena memang manusia sedang menghadapi perubahan begitu cepat yang timbul sebagai dampak dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kajian-kajian dan telaah-telaah mengenai konsep pendidikan menjadi tetap menarik, bahkan tidak dapat dihindarkan. Jika hal tersebut didasarkan pada asumsi bahwa segala problem itu berpangkal dari suatu penerapan konsep pendidikan yang merangsang serta mendorong progresivitas ilmu pengetahuan dan
Lanjuuut..
 
Support : Creating Website | Fais | Tbi.Jmb
Copyright © 2011. Moh. Faishol Amir Tbi - All Rights Reserved
by Creating Website Published by Faishol AM
Proudly powered by Blogger